Rabu, 15 Maret 2017

Skill IT Yang Semua Orang Wajib Tau

pic. source : Pinterest
Pada jaman serba modern seperti saat ini, komputer merupakan barang yang pasti dimiliki oleh setiap orang, baik itu anak sekolah, pekerja, maupun orang tua.Keberadaan komputer/PC/Laptop sangatlah mempermudah berbagai tugas dan pekerjaan lainnya.

Berikut adalah kemampuan dasar yang wajib anda ketahui untuk mempermudah pengoperasiannya :

1. Kemampuan Mengoperasikan Sistem Operasi

Sistem operasi/operating system/OS, atau contohnya Windows XP/7/8, Linux, Mac, dll, merupakan sofware lapisan pertama yang diletakkan pada hardisk komputer. Meskipun terkesan sepele, nyatanya masih banyak orang yang belum "fasih" mengoperasikannya. Sebagian kemampuan OS yang wajib anda miliki adalah :
  • Menghidupkan dan mematikan OS
  • Menggunakan explorer
  • Membuat, mengedit dan menghapus file
  • Hapal/mengerti cara membuat shortcut key dari fitur OS

2. Kemampuan Microsoft Office

Kemampuan mengoperasikan Ms. Office penting karena software ini adalah software yang paling sering digunakan. Mulai dari anak sekolah, hingga pekerja pasti menggunakannya. Kemampuan dasar yang wajib dimiliki adalah kemampuan mengolah data di Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. PowerPoint.

3. Kemampuan 10 Fingers Typing

Kemampuan mengetik menggunakan 10 jari penting karena mata anda terfokus ke layar dan jari anda bergerak dengan sendirinya untuk mencari huruf yang anda ketik. Mengetik menggunakan 10 jari lebih efisien dibanding dengan 2 jari. Menulis menjadi lebih cepat!

4. Kemampuan Menggunakan Internet

Skill yang paling terpakai ketika berurusan dengan internet yaitu kemampuan pengoperasian email dan browsing/searching.

5. Kemampuan Instalasi Software/Hardware

Pada umumnya software yang sering kita instal sendiri ketika akan bekerja ataupun mengerjakan tugas adalah software printer, Ms. Office, dan software utility lainnya. Tidak jarang juga kita harus install ulang OS sendiri.

Sedangkan instalasi hardware yang kita harus lakukan sendiri sebelum memanggil teknisi adalah instalasi printer ke laptop, UPS-PC-monitor-keyboard-mouse-printer-speaker.

6. Kemampuan Trouble Shooting Masalah Sederhana Software/Hardware

Tidak jarang kita harus refill tinta printer sendiri, atau menginstall ulang OS yang lemot. Kemampuan trouble shooting sederhana pasti akan sangat mempermudah masalah anda dalam waktu yang singkat.

7. Kemampuan Editing Gambar Tingkat Pemula

Kemampuan dasar mengedit gambar contohnya cropping gambar, mengubah resolusi gambar, mengubah warna gambar menjadi hitam putih, menggabungkan banyak gambar menjadi satu kolase, membuat desain sederhana brosur/pamphlet/banner/reklame/kartu nama, membuat replika gambar ke dalam format vector, dll
Software pengolah gambar digital yang paling umum digunakan yakni Microsoft Office Picture Manager dan Paint. Sedang yang advence biasanya Adobe Photoshop, Corel Draw dan Adobe Illustrator.


Kemampuan-kemampuan diatas mungkin tidak semuanya anda kuasai. Namun, sebaiknya segera anda pelajari mengingat banyaknya kemudahan dan keuntungan yang anda dapatkan dalam menyelesaikan masalah. Baik itu masalah yang sepele, fundamental, maupun mendesak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar